Tips Menjinakkan Ayam Alas

Pada dasarnya ayam alas adalah ayam liar yang hidup di hutan. Sehingga ayam ini mempunyai pembawaan “liar” dalam kehidupannya meski ayam tersebut kita dapatkan dari biji telur. Namun biasanya kalau kita dapatkan ayam alas itu dari telur, untuk menjinakkan ayam tersebut cukup mudah dibandingkan kita dapatkan dari muda hutan (Ayam alas yang kita dapat dari hutan). Namun dengan perlakuan yang sama alias telaten dalam merawatnya bisa jadi yang muda hutan juga bisa jinak.

Langkah pertama dalam menjinakkan ayam ini adalah kandang yang akan ditempati ayam ini harus proporsional, artinya tidak telalu besar dan tidak telalu kecil yaitu cukup pergerakannya. Biasanya saya membuat kandang ayam dengan ukuran 50 cm x 50 cm untuk menempatkan ayam tersebut. Dengan demikian pergerakan ayam tidak terlalu bebas sehingga tidak menghantam dinding-dinding kandang. Langkah kedua adalah pemberian pakan pada ayam alas. Biasannya saya selalu memberikan pakan berupa jangkrik sebanyak sepuluh buah sekali makan. Hal ini mempunyai maksud untuk melatih ayam menjadi jinak.

Ada berbagai macam cara dalam pemberian pakan ini. Ketika kita memberikan pakan untuk pertama kalinya adalah dengan memberikan jangkrik langsung kedalam kandang. Hal ini bertujuan agar supaya ayam alas menjadi biasa mengkonsumsi jangkrik. Hal ini kita lakukan beberapa kali sesering mungkin. Setelah ayam sudah terbiasa mengkonsumsi jangkrik tersebut, langkah kedua adalah dengan menempatkan jangkrik pada kawat kassa. Hal ini dimaksudkan agar ayam mematok jangkrik tersebut seperti gambar disamping. Hal ini juga harus sering kita lakukan agar ayam alas menjadi terbiasa dengan cara seperti ini.

Bila ayam alas sudah terbiasa dengan cara seperti itu, langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan tangan kita kedalam kandang. Hal ini dimaksudkan agar ayam alas tidak takut terhadap tangan manusia seperti gambar disamping. Cara semacam ini juga harus sering kita lakukan agar supaya ayam alas kita menjadi terbiasa. Cara-cara semacam ini harus sering kita lakukan tergantung pada kesiapan ayam tersebut. Bila langkah pertama berhasil baru kita terapkan langkah kedua demikan seterusnya.

Selanjutnya langkah untuk menjinakkan ayam adalah dengan memekarkan tangan kita ketika memberi pakan seperti gambar disamping. Kalau bisa usahakan dalam memberikan pakan tidak dengan satu ekor jangkrik saja namun tiga atau lima ekor jangkrik dalam genggaman kita. Bila hal ini kita lakukan dengan baik maka nantinya ayam alas kita tidak akan takut pada siapapun juga. Selamat mencoba !!! (Dien eMKa)

Categories: Ayam Alas, Ayam Bekisar, Ayam Ketawa | Tags: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: